Social Icons

Rabu, 30 Januari 2013

Festival Kesenian Yogyakarta Atawa Festival Keistimewaan Yogyakarta


    Yogyakarta adalah Kota Pelajar dan Budaya. Belajar dan berbudaya. Kegiatan seni budaya menjadi ruh dan identitas kota.
Festival Kesenian Yogyakarta ( FKY ) merupakan acara tahunan yang dihelat Dinas Kebudayaan bekerja sama dengan seniman, akademisi dan praktisi seni budaya. Wadah bagi aneka pertunjukan seni tradisi dan kontemporer, pameran dagang dan seni, bazar kuliner dan aneka perlombaan.
Tahun ini, FKY XXIV mengambil tema “ Seni Untuk Rakyat “. Berlangsung  selama 2 minggu, 20 Juni sampai dengan 5 Juli 2012 berpusat di Benteng Vredeburg.

Mengangkat seni tradisional agar festival lebih merakyat. Seni tradisional yang telah mengakar kuat  mempunyai peranan sebagai komunikasi budaya, peran ekonomi masyarakat juga berperan sebagai identitas kedaerahan. Layaklah Wayang, Batik dan Keris yang telah ditetapkan UNESCO menjadi warisan budaya dunia sebagai core eventnya.

Jogja, keistimewaan Jogja, festival kesenian Yogyakarta
Ki Blangkon I
Gambar : Panji Cybersufi ( belum jadi )

Terlintas dalam benakku tentang Wayang ; Wayang Dalam Format Pendidikan Formal, Wayang Dalam Pendidikan Non Formal, Nilai – Nilai Budipekerti Dalam Wayang, Menumbuhkan Minat Dan Bakat Anak Terhadap Wayang, Wayang Sebagai Sarana Edukatif Rekreatif, Pengenalan Etika Dan Estetika Dalam Pewayangan, Pengenalan Seni  Pewayangan  Melalui Teknologi Modern, Manajemen Pertunjukan Wayang, Nilai Kemanusiaan Dan Efek Phsikologis Dalam Wayang, Aspek Sosial Budaya Wayang Dalam Perspektif Masyarakat Masa Kini Di Tengah Globalisasi, Pertunjukan Wayang Dalam Budaya Masyarakat Masa Kini, Wayang Sebagai Komoditas Industri Dan Pariwisata, Pemahaman Nilai filosofi, Etika Dan Estetika Dalam Wayang, Garap Iringan Pakeliran Dalam Pertunjukan Wayang.
Sedangkan Batik yang merupakan hasil seni budaya ( Orang Jerman masih menganggapnya sebagai handy craft ), selain mempunyai nilai filosofi dalam aneka ragam motifnya juga memenuhi trend Eco-Fashion. Proses pewarnaan dan pembuatan yang alami.
Pernahkah anda menganalisa peranan keris dalam peradaban ( kedudukan politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan dan keamanan ) ?!.

    Seni murni dan seni Pakai, jika keduanya terus dikembangkan akan memberi peranan lebih. Memperkokoh identitas kebangsaan yang besar sebagai pencipta tradisi. Akhirnya seni dan budaya merupakan investasi jangka panjang yang menguntungkan.
Sudah sepatutnyalah semuanya dikembalikan kepada rakyat. Negara tanpa rakyat tidak berarti apapun, sedangkan rakyat tanpa negara masih  dapat berarti dan bereksisitensi.
Pagelaran FKY XXIV 2012 tak urung juga menjadi ajang kririk dan hujatan. Dari segi persiapan, pelaksanan, hasil akhir yang diterima masyarakat pada khususnya. Plus minus akan selalu ada.
Temukan dengan pengalaman fisik dan batiniah anda sendiri ; apa yang istimewa dari FKY XXIV 2012 ?!.


Bantul, 31 Mei 2012.

by Facebook Comment

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar anda akan memperkaya wawasan.