Social Icons

Kamis, 15 November 2012

Cembengan Sampai The Bridge On The River Kwai

 
PG - PS Madukismo dibangun tahun 1955 atas prakarsa Sri Sultan Hamengku Buwono IX. Diresmikan oleh Presiden Ir. Soekarno 29 Mei 1958. Sekarang pemilikan saham berubah menjadi 65 % milik Sri Sultan Hamengku Buwono X, 35 % pemerintah dikuasakan PT. Rajawali Nusantara Indonesia ( RNI ). .
Dahulu kita swasembada gula dan merupakan salah satu negara pengekspor gula. Namun semenjak Program Tebu Rakyat Intensifikasi ( TRI ) yang sudah berlangsung 1975 dihentikan, produksi gula lokal dan  nasional merosot tajam. UU Sistem Budi daya Tanaman tahun 1992, membebaskan petani memilih komoditas yang akan ditanam. TRI resmi dibubarkan dengan Inpres No.5 tahun 1998. Memang banyak pro dan kontra pelaksanaan TRI.
Setiap Mei - September mesin - mesin tua tinggalan kolonial Belanda menggiling Tebu. 165 hari tanpa henti. 
 PG - PS Madukismo merupakan usaha menasionalisasi Pabrik - pabrik Kolonial Belanda pasca kemerdekaan NKRI.
Cembengan, PG Madukismo, Pabrik Gula, musim Giling Tebu, TRI
Ritual Cembengan
Acara Cembengan sebagai wujud syukur karena panen Tebu digelar sebelum Musim Giling.
Diselenggarakan oleh pihak pabrik, karyawan dan masyarakat setempat. Semacam syukuran dengan berbagai hiburan rakyat. Nyaris seperti Pasar Malam. Ketika aku kecil sempat menonton Cembengan. Tetapi sudah lupa suasananya dan sekarangpun sudah jarang melihatnya. Cembengan tetap rutin di adakan. samar - samar aku masih ingat, di Cembengan menonton layar tancap.
Elephant Walk mengalun disusul Colonel Bogey March melenggang dalam siulan. Aransemen Kenneth Alford dan Sir Malcolm Arnold. Suara - suara di Cembengan itu, siulan - siulan itu. Besi - besi tua bekas gerbong dan Lori diangkut ke Thailand. Para Romusha telah  menunggu. Besi - besi tua yang akan menghubungkan Thailand - Burma. Hingar bingar Perang Dunia II memilukan. Mereka tetap bekerja dibawah paksaan.Film The Bridge of River Kwai meraih Oscar 1957, termasuk kategori Best Movie. 
Jika kalian memang benar - benar penikmat sejati film, simak dan  perhatikan ; " Bagian dari Jembatan Kwai yang mana yang merupakan besi - besi bekas gerbong, Lori PG - PS Madukismo ?! ".Atau pergilah ke tempat wisata di Thailand itu, mungkin kau akan menemukan kenangan yang kau butuhkan.
Lalu kapan Indonesia wira sembada gula lagi ?!.

Bantul, 2011.
by Facebook Comment

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar anda akan memperkaya wawasan.